Yogyakarta, Banyak sekali pembelajaran yang menyenangkan untuk siswa disekolah dan akan semakin menarik apabila siswa belajar dengan memegang sendiri media dari alam untuk bermain dan belajar(24/10/19). Seperti kelas tiga, bersama dengan wali kelas mereka belajar pembagian dengan media biji-bijian dan kerang pada tema benda-benda disekitarku. Sebelum proses pembelajaran di mulai, wali kelas mereka bu Ery menjelaskan terlebih dahulu cara mencari hasil pembagian dari sebuah angka, Kemudian Bu Ery membagikan alat dan bahan berupa lepek kertas dan biji-bijian untuk menemukan jawaban dari soal pembagian yang sudah diterima siswa. Siswa berkelompok, mereka bergantian membagi biji-bijian ke dalam kertas-kertas sesuai nilai pembagi yang terdapat dalam soal.

Semua siswa terlihat sedang asyik menyiapkan lepek kertas sebagai pembagi dan biji – biji yang akan dibagikan, tak lupa mereka menuliskan jawaban di lembar jawaban soal yang sudah disediakan, kerjasama dalam kelompok dalam menyelesaikan soal ini sangat diutamakan, mereka terlihat kompak dan saling bantu membantu dalam menyelesaikannya. Mereka juga terlihat saling berkomunikasi aktif antar teman dan menghargai pendapat teman yang lain.

Alhamdulillah seluruh siswa sangat senang dengan adanya kegiatan ini. Matematika yang selama ini dianggap sebagai pelajaran yang ditakuti menjadi pelajaran yang asik dan menyenangkan “my fun math mengasikkan, soal jadi lebih mudah dikerjakan, ” tutur mbk Hanin. Melalui kegiatan ini siswa dapat belajar sambil bermain dan yang tak kalah pentingnya, melalui hubungan sosial mereka menjadi lebih erat dan saling memahami karakter temannya dan dari pembelajaran kelompok ini juga akan terlihat kepribadian individu, pandai memimpin atau cekatan dalam bertindak.
Kontributor:Ery Sulistyowati
#IJF #SDJuarajogja #Yogyakarta #Oktober