Yogyakarta, 23 Oktober 2019 siswa kelas 6 SD Juara Yogyakarta belajar matematika dengan materi bangun ruang. Pembelajaraan ini bertujuan untuk memahami berbagai bentuk bangun ruang beserta ciri-cirinya.
Pembelajaraan dimulai dengan mengenalkan bebagai contoh model bangun ruang. Selanjutnya Ibu Siti Khotimatul Mahmudah, S.Si membagi siswa menjadi kelompok-kelompok. Setiap kelompok diminta untuk membuat berbagai jenis bangun ruang dengan ukuran yg disepakati oleh anggota. Bangun ruang yg sudah dibuat antara lain kubus, balok, prisma segitiga, limas dan tabung. Selain membuat bangun ruang ,siswa juga diminta untuk menuliskan ciri – ciri dari bangun ruang yg telah dibuat. Bangun ruang yang telah dibuat akan digunakan sebagai alat permodelan untuk menghitung volume dan luas permukaan bangun ruang pada pertemuan yang akan datang.
Pembelajaraan ini diikuti oleh seluruh kelompok dengan antusias dan gembira. Melalui pembelajaraan membuat model bangun ruang sendiri siswa diharapkan lebih memahami dan dapat memvisualisasikankan berbagai jenis bangun ruang dengan tepat.
“ Dengan membuat bangun ruang yang nyata seperti ini saya jadi lebih jelas dalam belajar ciri-ciri bangun ruang bu…tidak Cuma membayangkan” ujar Ikhsan dengan semangat.
Kontributor: Siti Khotimatul Mahmudah, S.Si
#IJF #SDJuarajogja #Oktober #Yogyakarta