Yogyakarta. Siswi kelas 5 SD Juara Yogyakarta kembali mengikuti kegiatan keputrian(24/1/20). Pada kesempatan kali ini mereka akan belajar tentang bagaimana mensetrika baju dan melipatnya dengan rapi. Kegiatan keputrian ini rutin dilaksanakan sepekan sekali dengan materi yang berganti-ganti.

Acara dimulai dengan pembukaan, murojaah surat pendek dan kultum dari salah satu siswa. Setelahnya siswa diberikan pengetahuan sederhana tentang bagaimana menyetrika dan melipat baju. Siswa kemudian diajak untuk menyiapkan perlengkapan yang digunakan untuk belajar mensetrika baju.

Dengan penuh semangat, siswa menyiapkan meja yang kemudian diatasnya dibentangkan alas berupa selimut atau jarik sebagai alas setrika. Minggu sebelumnya siswa telah ditugaskan secara berkelompok untuk membawa setrika,alas kain, kemeja, rok, kerudung segi empat, celana, dan mukena. Setiap kelompok secara berurutan menyetrika satu persatu kemeja, kerudung dan lain-lain.

Siswa yang terbiasa dan sering menyetrika baju dirumah tampak begitu cekatan tanpa canggung menggerakkan maju mundur setrika. Sebaliknya siswa yang belum terbiasa terlihat kagok menyetrika baju. Namun secara garis besar siswa kelas 5 mampu menyetrika dengan rapi. Beberapa dari mereka mengaku bahwa dirumah mereka telah terbiasa mencuci dan menyetrika baju sendiri.

“Gimana bu hasil setrikaan saya…halus kan?…rapi kan? “ ujar ima dengan bangga menunjukkan hasil kemeja yang telah disetrika.

Bu Ummi selaku penanggung jawab keputrian kelas 5 menjelaskan bahwa tujuan siswa diberikan materi dan praktek setrika baju adalah agar mereka kelak ketika dewasa mempunyai soft skill sendiri dan tidak selalu bergantung pada orang tua mereka atau orang lain. Walaupun fasilitas laundry begitu menjamur bukan berarti mereka berhenti belajar untuk bisa setrika sendiri. Insyaallah kelak mereka akan memetik hikmah pelajaran dari kegiatan menyetrika hari ini. Sukses untuk anak – anak juara….
Kontributor: Sri Ummiyati
#IJF #SDJuarajogja #Januari #Yogyakarta