Yogyakarta. Origami dalam bahasa Jepang berasal dari kata ori yang berarti “lipat”, dan kami yang berarti “kertas” . Origami merupakan sebuah seni lipat yang berasal dari Jepang. Bahan yang digunakan adalah kertas atau kain yang biasanya berbentuk persegi. Sebuah hasil origami merupakan suatu hasil kerja tangan yang sangat teliti dan halus pada pandangan.

Siswa kelas 1 hari ini mengundang guru dari dari luar untuk belajar origami(15/1/20). Guru yang diundang bernama Bu Aning Origami. Beliau adalah pengajar origami diberbagai tempat. Siswa kelas 1 sangat antusias ketika Bu Aning memulai pembelajaran origami. Setiap anak dibagikan masing masing kertas lipat. Kemudian Bu Aning dengan ceria mulai menjelaskan tahapan – tahapan melipat kertas yang akan dibentuk menjadi pigura foto. Dengan sabar beliau menanggapi pertanyaan dan celoteh siswa kelas 1. Anak – anak juga tertib dan sabar dalam mengikuti setiap tahapan membuat pigura foto.

Alhamdulillah setelah beberapa tahap diajarkan origami “pigura foto” selesai dibuat oleh siswa. Mereka tampak puas dan bahagia berhasil menyelesaikan origami piguran foto. Di akhir pertemuan seluruh anak berfoto dengan bu Aning, bahkan Nafisa dan Husen yang mempunyai hafalan juz 30 terbanyak mendapatkan hadiah dari bu Aning. Terima kasih bu Aning telah berbagi ilmu dengan siswa SD Juara.

Kontributor : Ali Hafidh
#IJF #SDJuarajogja #Januari #Yogyakarta