Yogyakarta ( 06/09/2019) Hari Jumat siang merupakan jadwal mentoring atau keputrian kelas 5 siswa SD Juara Yogyakarta. Kegiatan Keputrian ini dimulai pukul 11:15 WIB yang diawali dengan dengan pembukaan, tilawah maupun murojaah juz 30 kemudian dilanjutkan dengan materi. Kali ini materi yang dibahasa adalah membuat makanan sehat.
Pekan lalu Siswa dibagi menjadi 3 kelompok yang masing-masing beranggotakan 3-4 orang. Mereka telah berdiskusi untuk membuat satu sampai dua jenis masakan sehat yang bahan bahannya disiapkan dari rumah. Setelah selesai tilawah siswa kemudian terlebih dahulu diberikan tentang pemahaman makanan sehat dan cara mengolahnya. Setelah itu siswa kemudian praktek memasak sesuai dengan kesepakatan kelompok.
Kelompok Zulva, Marsya, Nafis dan Salsa membuat masakan kue lumer dan bola bola coklat. Kelompok Afifa, Imah, Alya membuat nasi goreng dan mini burger sedangkan Kelompok Azizah, Funa, Febi dan Rahma membuat Sop Buah. Masing masing kelompok telah membagi tugas masing-masing dalam mempersiapkan masakan. Semua bekerjasama dan tampak terampil dalam mengolah masakan. Melalui kegiatan ini diharapkan siswa mampu membuat makanan menggunakan kompor ataupun alat masak lainnya dan bisa menerapkan dalam kehidupan sehari –hari dan juga dapat membantu orang tua dalam hal memasak.
“ Asyiik bu masak seperti ini…bisa berkreasi sendiri” tutur imah dengan bersemangat
“ Besok masak lagi ya bu…biar bisa mencoba masakan yang lain” Salsa menimpali
Alhamdulillah siswa-siswa menikmati kegiatan ini, materi keputria bisa tersampaikan sekaligus bisa praktek memasak. Ilmu dapat sekaligus puas dengan menikmati masakan ala mereka sendiri.

Kontributor: Sri ummiyati

#IJF #Yogyakarta #September #SDJuarajogja