Setiap anak pasti memiliki kemampuan dan kecerdasan yang berbeda, karena semua anak itu istimewa. Dialah Akbar, salah satu siswa kelas enam di SD Juara yogyakarta yang memiliki bakat istimewa dan spesial diantara anak-anak yang lain.  Akbar bertubuh kecil, berkulit hitam dan sangat cerewet sekali ketika berada di dalam kelas. Setiap kali masuk kelas harus memperhatikan perilaku dan ucapan akbar agar ia dapat berhenti. Setelah ia mendapat perhatian barulah ia akan berhenti dengan sendirinya. Akbar memiliki jiwa keberanian yang tinggi, bahkan ketika diminta untuk maju ke depan ia akan maju dengan senang hati.

Prestasinya di bidang akademik tidak terlalu menonjol. Beberapa kali dilihat, ia terkadang kurang semangat dalam mengerjakan tugas atau belajar saat ada guru. Namun, setelah dilapangan futsal aksi yang ia tunjukan tidak akan bisa terbayangkan.  Perilakunya yang kurang fokus saat belajar di kelas berbalik 180 derajat dengan saat di lapangan futsal. Kegesitannya, daya fokusnya, energinya bisa bertahan lebih dari satu jam. Kemampuan menggiring bola yang baik, kerjasama tim yang kompak dan rasa egois pribadi bisa terkelola. Ia memang beda dengan teman – teman yang lainnya. Keluarga akbar sangat mendukung untuk menjadi atlet futsal.

Selain mengikuti ekstra kulikuler futsal di sekolah, akbar juga mengikuti klub sepak bola yang telah di daftarkan oleh ayahnya. Alasan ayahnya untuk mendaftarkan akbar, bukan hanya karena potensi yang dimiliki tetapi energi berlebih akbar juga harus disalurkan ke arah yang positif. Sehingga anak dapat produktif, berkarya dan memiliki prestasi selain prestasi akademik. Walaupun dengan keterbatasan yang ada di dalam keluarga, tetapi support keluarga kepada akbar sangat besar. Semoga kelak akbar akan menjadi anak yang berprestasi, soleh dan membanggakan kedua orang tuanya.

Kontributor :  Boy Haryono
#IJF #SDJuarajogja #Januari #Yogyakarta