Yogyakarta,  Alat musik dapat di buat  sendiri  dengan menggunakan barang bekas yang ada di sekitar rumah kita. Seperti tutup botol bekas dan botol bekas misalnya. Dengan barang bekas ini siswa kelas enam akan memanfaatkannya menjadi sebuah alat musik sederhana(10/20).

Sebelum pembuatan alat musik dimulai, siswa terlebih dahulu mendengarkan arahan sambil membaca panduan lembar kerja yang diberikan oleh wali kelas mereka. Kemudian menanyakan kepada wali kelasnya apabila ada hal- hal yang belum di mengerti.

Para siswa antusias sekali dalam membuat alat musik ini, karena dapat mengembangkan kreativitas mereka. Setelah siswa membuat alat musik sederhana, mereka diberi tugas tambahan untuk membuat video menyanyikan lagu dolanan anak dengan menggunakan alat musik yang telah mereka buat.

Dalam pembelajaran ini siswa akan mengetahui sebuah suara yang dihasilkan dari sebuah alat musik yang penggunaanya dengan cara digerakkan oleh tangan. Melalui pembelajaran ini pula jiwa kreatifitas dan musikalitas siswa akan semakin terasah.

Kontributor: Bangun Setyo Nugroho
#IJF #Yogyakarta #SDJuarajogja #BDR #Oktober

WhatsApp Silahkan Tanya Via WA